Rabu, 03 September 2014

Hukum Marketing Oleh Tung Desem Waringin

Marketing adalah pilar dalam kelangsungan hidup kita, dan itu akan menjadi sangatlah penting. Oleh sebab itu banyak orang sukses karena menggeluti dunia ini. Untuk arti dari kata Marketing bisa kita baca di wikipedia atau yang lainnya, karena di sini tim MANTRA UANG JUTAAN RUPIAH hanya ingin berbagi informasi tentang HUKUM MARKETING yang pernah dijelaskan oleh seorang pembicara terbaik se Asia Tenggara yaitu Bapak Tung Desem Waringin dalam bukunya Revolusi Marketing. Berikut penjelasan singkatnya oleh tim MANTRA UANG JUTAAN RUPIAH.


Bapak Tung Desem Waringin menjelaskan dalam marketing ada 5 hal terpenting yang bisa meledakan penjualan kita, yaitu :

1. Buat Penawaran Menarik
Dalam berbagai seminar marketing, banyak yang mengatakan "kalau anda ingin menjual, buat penawaran yang menarik" tapi tidak banyak yang mau menjelaskan secara baik. Namun oleh Tung Desem Waringin, hal ini dijelaskan dalam buku dan seminarnya. Penawaran yang menarik bisa kita lakukan dengan cara edukasi (menceritakan cara membuat produk, nilai gizi, manfaat produk, dll), edifikasi (menceritakan keadaan saat ini yang ada hubungannya dengan produk), atau kita bisa mengubah produk, tambah nilai jual produk, kurangi kelemahan produk, dan lain-lainnya.

2. Bisa Dipercaya
Ada sebuah pepatah dalam dunia marketing "No Trust, No Sales". Dan hal ini sangat diyakini oleh banyak produsen bisa mendongkrak penjualan kita. Kalau tidak ada yang percaya dengan kita, maka bisa dipastikan kita tidak akan pernah bisa menjual. Untuk bisa membuat konsumen percaya, kita bisa membuat testimoni dari konsumen, dan bisa menunjukan bukti nyata.

3. Cara Yang Tepat
Bila kita ingin mempresentasikan produk/jasa kita kepada konsumen, tentu kita harus menggunakan cara yang tepat. Orang menilai baik buruknya presentasi kita pada 15 detik yang pertama. Bila Dalam waktu itu kita tidak bisa membuat orang lain mendengar kita, maka kita tidak bisa closing penjualan kita. Maka ada baiknya, kita dalam presentasi tidak langsung menjelaskan produk, tapi kita bisa mencari tahu tentang orang yang akan kita presentasikan dengan cara bertanya langsung, kemudian dengar, dukung, dan hargai setiap pencapaian yang mereka dapatkan. Setelah prosesi itu kita akan tahu cara apa yang tepat dalam melakukan presentasi produk kita.

4. Tepat Target 
Dalam menjual kita harus bisa tepat target market, karena kalau tidak tepat, kita akan banyak membuang waktu, tenaga, dan biaya tanpa hasil apa-apa. Untuk bisa tepat target market, hal pertama yang harus kita lakukan adalah lebih mengenal produk (product knowledge), yang kedua lebih mengenal konsumen kita, dan yang terakhir lebih mengenal diri kita.

5. Hukum Keterbatasan
Apa pun yang tidak terbatas, tidak memiliki nilai jual yang tinggi, walau pun itu sangat penting dalam kelangsungan hidup kita. Misalnya udara, bila kita tanpa udara tentu kita tidak bisa hidup, tapi adakah yang mau membeli udara yang jumlahnya tidak terbatas ini. Maka batasi seorang konsumen dalam pembelian produk yang sama. atau keluarkan sedikit-sedikit produk yang kita punya.

Demikian sedikit ulasan tentang HUKUM MARKETING berdasarkan penjelasan dari Bapak TUNG DESEM WARINGIN. Bila Anda ingin lebih dalam ulasan ini, Anda bisa beli buku dari Bapak Tung Desem Waringin yang berjudul REVOLUSI MARKETING.

Demikian postingan dari tim MANTRA UANG JUTAAN RUPIAHsemoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Artikel yang mungkin ingin Anda Baca :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk kami kunjungi balik, dan terima kasih.