Selasa, 19 Juli 2016

Cara Mudah Membangun Keberanian

Hallo Kawan....
Kali ini tim MANTRA UANG JUTAAN RUPIAH akan memberikan beberapa saran yang bisa jadi saran yang sangat Anda butuhkan jadi silahkan baca sampai habis ya. Pemberani bukanlah orang yang tidak memiliki ketakutan akan tetapi mereka mengalahkan ketakutannya. Sebelum kita memberikan saran CARA MUDAH MEMBANGUN KEBERANIAN, ada baiknya kita bahas dulu bagaimana cara kerja ketakutan secara empiris. Ketakutan merupakan respon alami tubuh ke respon perlawanan atau penghindaran otak. Saat pikiran membangun ketakutan, secara otomatis otak akan mengirimkan hormon kortisol ke seluruh sistem saraf tubuh, yang berdampak tubuh akan bereaksi sangat agresif. Dan hormon ini juga memberikan dampak stres pada pikiran kita. Sumber dari ketakutan ada 2 hal yaitu dari dalam diri sendiri dan dari luar.
http://sangmujur.blogspot.com

Sumber ketakutan dari diri sendiri biasanya dibangun oleh pola pikir negatif yang terus-menerus. Misalnya sebelum seseorang takut kepada seekor kecoa, dia membangun pola pikir negatif bahwa kecoa itu merugikan, menjijikan, tidak patut di pegang, atau pun tidak layak di pandang. Pola pikir negatif ini bila dibiarkan akan menjadi sebuah ketakutan yang tanpa disadari terus berkembang. Sehingga saat orang itu melihat kecoa dia akan bereaksi agresif dan histeris. Sumber ketakutan dari luar biasanya dibangun oleh pola pikir negatif orang lain yang kita terima dengan reaksi yang sama sehingga tanpa sadar kita memiliki ketakutan orang lain. Bahkan terkadang kita tidak pernah mengalami peristiwa yang berhubungan dengan ketakutan yang disampaikan orang lain itu tapi kita sudah merasakan ketakutannya. Misalkan seseorang takut dengan bau pembakaran karena pernah mengalami kebakaran. Kemudian orang tersebut bercerita kepada kita bahwa dia sangat takut mencium bau terbakar. Pikiran kita mau menerima ketakutan orang tersebut dan seolah-olah kita juga pernah mengalami kebakaran. Pola pikir yang negatif itu kita biarkan berkembang dalam otak kita, sehingga kita juga memiliki ketakutan akan bau terbakar.

Bila boleh kita simpulkan, bahwa sumber utama dari ketakutan adalah POLA PIKIR NEGATIF, jadi untuk menghilangkan ketakutan itu kita harus membangun POLA PIKIR POSITIF. Tapi prakteknya tidak semudah itu. Parahnya banyak orang yang berani pada sesuatu yang kita takuti tidak memberikan saran yang tepat untuk menghadapi ketakutan kita. Baiklah kita akan bagi saran CARA MUDAH MEMBANGUN KEBERANIAN.

1. BERDAMAI DENGAN KEKURANGAN KITA
Ya ini adalah langkah pertama yang harus kita miliki sebelum kita menghadapi ketakutan kita. Cobalah mengenal diri sendiri sehingga kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kita. Bila kita tidak bisa menemukan jati diri, cobalah melihat orang sekitar lalu bercermin, apakah kita sama atau tidak dengan orang itu. Maka kita kan benar-benar menemukan diri sendiri setelah kita bisa melihat banyak orang. Saat itu berdamailah dengan kekurangan kita, agar saat kita takut orang lain melihat kekurangan kita, maka kita bisa menerima dan mengambil hal baik atas penilaian orang itu. Ingat, Tuhan memberikan kita kekurangan agar kita bisa melihat Tuhan juga memberikan kelebihan pada diri kita. Dan perdamaian ini juga akan berdampak baik pada rasa percaya diri kita.

2. DISIPLIN TERHADAP POLA PIKIR POSITIF
Telah kita simpulkan bahwa ketakutan berasal dari pola pikir negatif yang kita terima dan biarkan berkembang. Untuk menghentikan pertumbuhannya yang perlu kita lakukan adalah disiplin membangun pola pikir positif. Bila pola pikir positif terus berkembang maka itu akan membunuh pola pikir negatif dan asiknya lagi kita lupa bahwa kita dulu pernah punya pola pikir negatif yang membangun ketakutan. Apabila pola pikir positif masih belum cukup untuk membunuh ketakutan, maka kita harus menghadapinya secara langsung. Misalkan kita takut akan kecoa, kita sudah berdamai dengan kekurangan kita dan mulai melihat kelebihan kita yaitu kecoa tidak secerdas otak kita, maka kita bisa membasminya dengan kelebihan kita yaitu kaki yang lebih besar daripada kecoa. Dan kita tinggal mendisiplinkannya, jadi saat kita lihat kecoa kita langsung menginjaknya tanpa histeris. Yang akhirnya kita akan terbiasa melihat kecoa tanpa memiliki ketakutan. Misalkan lagi kita takut dengan atasan, kita telah berdamai dengan kekurangan dan siap menerima resikonya karena kita telah memiliki kelebihan. Kita tinggal menghadap atasan dan memberikan laporan, sendainya atasan kurang puas, kita tinggal katakan apa kekurangan kita dan mintalah saran atasan untuk menunjukan cara memperbaikinya. Catatan : kita harus benar-benar punya kebulatan tekat untuk mendisiplinkan pola pikir positif itu.

3. PURA-PURA BERANI
Bila kedua langkah di atas masih kurang cukup, langkah terakhir adalah berpura-pura berani karena walaupun kita pura-pura berani orang disekitar kita tidak akan tahu. Asalkan kita tahu kapan harus pura-pura berani atau tidak. Karena bila kita salah tempat dan waktu, kita juga akan merasakan kerugian bahkan mungkin akan memiliki ketakutan yang lebih besar lagi. Jadi untuk melakukan pura-pura berani ini, kecerdesan kita yang harus di andalkan agar kita tidak ceroboh.

Kita tidak akan selamanya berani ada kalanya kita punya ketakutan, karena tanpa ketakutan itu sendiri, keberanian pun tak akan ada. Pola pikir negatif itu perlu asal pada tempatnya agar kita bisa menghadapi dengan pola positif secara baik. Apabila 3 langkah di atas tidak bisa menghadapi ketakutan kita, maka kita harus bercerita pada orang lain yang tepat misalkan kepada psikolog.

http://sanmujur.blogspot.com
Semoga artikel dari tim MANATRA UANG JUTAAN RUPIAH  tentang CARA MUDAH MEMBANGUN KEBERANIAN di atas bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya dan silahkan tinggalkan komentar Anda.


Artikel yang mungkin ingin Anda baca :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda untuk kami kunjungi balik, dan terima kasih.